About Us

28 Mei 2016 mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sebelas Maret menginisiasi untuk diundangnya pembicara ahli guna menunjang keilmuan yang dipelajari. Waktu itu fokus mereka adalah bagaimana cara menulis artikel yang bisa dipublikasikan di jurnal – jurnal bereputasi. Akhirnya mahasiswa mengadakan sebuah kegiatan yang dinamakan NEEW (National English Education Workshop) yang concern pada penulisan artikel jurnal ilmiah. Kegiatan yang mengundang Handoyo Puji Widodo, Ph.D.tersebut berjalan dengan sukses.

Waktu itu mahasiswa melihat animo dan dampak positif bagi mereka dan orang lain. Merasa sayang jika kegiatan pelatihan ini berakhir di masa itu saja, mereka berharap agar kelak mahasiswa semester berikutnya mendapatkan pengalaman belajar yang lebih signifikan dari yang mereka dapatkan saat itu. Sementara itu Bapak Dr. Ngadiso, M.Pd. (selaku Kaprodi S2 Pend. Bahasa Inggris) dan Ibu Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd. (Dosen) melihat besarnya pengaruh keilmuan yang diperoleh mahasiswa. Guna mewadahi aspirasi tersebut maka dibentuklah komunitas NEEW yang namanya diambil dari kegiatan pertama di tahun 2016.

Sejak saat itu, NEEW menjadi wadah bagi mahasiswa Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris untuk menggali ilmu lebih dalam dan belajar dari para ahli terpilih. Kesadaran akan pentingnya berbagi ilmu ke lingkup yang lebih luas sekaligus menjadi media belajar mahasiswa, NEEW berkomitmen mengadakan workshop yang lebih baik lagi. Di semester berikutnya, 17 Desember 2016, NEEW mengundang dua pembicara ahli sekaligus yaitu Josep Ernest Mambu dari Universitas Kristen Setya Wacana dan Sean Stellfox dari RELO US Embassy untuk memberikan pencerahan terkait penelitian pendidikan bahasa Inggris. Acarapun berjalan dengan sukses, kesan yang baik dari peserta dan pembicara mendorong NEEW untuk menyajikan pembicara yang semakin baik di masa yang akan datang.

Pada tanggal 18 Juli 2017 nanti, NEEW menghelat workshop serupa dengan tema yang berbeda, yaitu Penelitian Tindakan/Action Research (PT). Pembicara yang sangat mumpuni telah dipersiapkan yaitu Prof. Andrej Cirocki yang berasal dari University of York, Inggris. Profesor yang sedang mendalami PT tersebut diketahui merupakan salah satu editor penting di jurnal pengajaran dan linguistic Eropa. Tidak mau membuang kesempatan, workshop difokuskan tidak hanya melakukan PT yang efektif tetapi juga bagaimana agar penelitian bisa diterima jurnal internasional. (rudy)